Kamis, 19 Januari 2012

Qur'an dan Hadits Cinta

"Cinta yang paling mulia ialah "Mahabbatu fillah walillah" (cinta karena Allah dan didalam agama Allah)."

"...Tetapi Allah menjadikan kamu "cinta" kepada keimanan dan menjadikan keimanan itu indah didalam hatimu serta menjadikan kamu benci kepada kekafiran, kefasikan dan kedurhakaan." (QS.Al Hujurat: 7)

"Barangsiapa mengutamakan kecintaan Allah atas kecintaan manusia maka Allah akan melindunginya dari beban gangguan manusia." (HR.Ad Dailami)

"Paling kuat tali hubungan keimanan ialah cinta karena Allah dan benci karena Allah." (HR.At Thabrani)

"Cinailah kekasihmu sewajarnya saja karena bisa jadi suatu saat nanti ia akan menjadi orang yang kamu benci. Bencilah sewajarnya karena bisa jadi suatu saat nanti ia akan menjadi kekasihmu." (HR.At Tirmizy)

"Sesungguhnya orang-orang yang saling mencintai, kamar-kamarnya di surga nanti terlihat seperti bintang yang muncul dari timur atau bintang barat yang berpijar lalu ada yang bertanya, "siapa mereka itu?, mereka itu adalah orang-orang yang mencintai karena Allah azza wajalla." (HR.Ahmad)

Dari Rasulullah SAW yang bersabda dalam satu doanya;

"Ya Allah, berikanlah aku rizki cinta-Mu dan cinta orang-orang yang bermanfaat buatku cintanya di sisi-Mu. Ya Allah, segala yang Engkau rizkikan untukku di antara yang aku cintai, jadikanlah itu sebagai kekuatanku untuk mendapatkan yang Engkau cintai. Ya Allah, apa yang Engkau singkirkan di antara sesuatu yang aku cintai jadikan itu kebebasan untukku dalam segala hal yang Engkau cintai." (HR.At Tirmizy)


Inilah sebahagian ayat dan hadits tentang cinta kepada Allah Rasul-Nya Muhammad SAW. Barangsiapa yang cinta lebih besar hanya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka dia akan mendapat tempat yang layak yaitu surga. Dan apabila sebaliknya cintanya lebih besar kepada selain Allah dan Rasul-Nya, maka tempatnya adalah neraka. Nauzhu billah.

Semoga kita belajar mencintai Allah dan Rasul-nya tanpa mengesampingkan cinta kepada orang tua dan sesama muslim. Aamiin

Wallu 'alam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar